Tips Membedakan Toko Batik Solo

Kain Batik Printing Solo | Grosir Batik LaweyanSelama ini, Solo dikenal sebagai salah satu sentra industry batik terbesar di Indonesia selain Pekalongan dan Jogjakarta. Bahkan, di kota tersebut terdapat sebuah pasar yang khusus menjual beragam produk pakaian jadi maupun kain bermotif batik, yaitu pasar Klewer. Banyak pula pengusaha batik terkenal yang berasal dari kota yang dikenal dengan sebutan kota Bengawan tersebut. Oleh karena itu, tidak sedikit toko yang mengaku sebagai grosir batik Solo untuk menarik pembeli.

Motif Batik Khas Daerah Asalnya

Apakah memang klaim seperti itu bisa dipercaya dan dijadikan jaminan? Tentu saja tidak.Harus kami beritahukan bahwa motif batik di setiap daerah di Indonesia berbeda – beda. Batik Pekalongan memiliki motif yang berbeda dengan motif asal Jogja dan Solo, batik asal Lasem menawarkan corak yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Solo sendiri selama ini memang dikenal memiliki jumlah pengrajin batik yang sangat banyak. Mereka juga telah mengembangkan teknik – teknik baru untuk membantu membuat batik dalam jumlah besar dan menekan harga jual.

Batik yang berasal dari Solo tidak jauh berbeda dengan batik asal Jogjakarta karena memang keduanya memiliki akar budaya yang sama. Batik solo lebih banyak mengangkat motif – motif tumbuhan seperti bunga, dedaunan dan pepohonan, meski ada pula beberapa yang mengangkat motif binatang, namun jumlahnya sangat sedikit. Oleh sebab itu, jarang sekali batik Solo menggunakan motif manusia, awan dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *