Perbedaan Baju Batik Modern dan Tradisional

Kain Batik Solo | Grosir Batik LaweyanApa perbedaan baju batik modern dengan tradisional? Meski batik adalah motif yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita, namun belum tentu semuanya mengetahui peruhal perbedaan tersebut. Batik sendiri telah ada sejak beratus tahun lalu dan hingga saat ini masih tetap eksis, bahkan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

Soal baju batik modern dan tradisional, ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok. Baju batik tradisional, seperti yang kita tahu masih menggunakan teknik manual dalam proses pembuatannya, sedangkan batik modern sudah mengaplikasikan peralatan yang lebih canggih. Oleh karena itu, batik tradisional, yang notabene dibuat dengan teknik tulis manual, harganya terbilang masih sangat tinggi dan sangat eksklusif. Selain itu, batik tradisional juga membutuhkan proses dan waktu yang panjang dalam pembuatannya, di samping motif serta warna – warna yang diangkat telah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun lalu.

Baju batik modern selain telah menggunakan mesin, juga menawarkan model yang lebih up to date. Jenis kain yang digunakan juga lebih bervariasi tergantung selera si pembuatnya. Batik modern, mengangkat motif – motif serta warna – warna yang lebih berani, mengingat memang varian warna yang ada memang lebih banyak.soal harga, produk batik modern pada umumnya terbilang lebih terjangkau, meski dari segi eksklusivitas kalah dibandingkan dengan produk pakaian maupun kain batik tradisional.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *