Filosofi Batik Parang

Kain Batik Printing SoloSeiring semakin berkembangnya teknologi juga berimbas pada industri Batik Solo dan tanah air. Mulai dari teknik pembuatan yang semakin beragam, dari teknik batik tulis, batik cap, batik kombinasi maupun batik printing, bahan yang digunakan mulai dari Katun, Polyester hingga Batik Sutera juga terlihat dari motif Batik yang diproduksi.

Ada ratusan bahkan ribuan jenis motif batik yang ada, baik motif batik tradisional maupun motif batik dengan desain modern yang sudah menyesuaikan dengan perkembangan industri Fashion di tanah air. Masing-masing motif terutama motif traditional memiliki filosofinya masing-masing.

Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang paling tua di Indonesia. Parang berasal dari kata Pereng yang berarti lereng. Perengan menggambarkan sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Susunan motif S jalin-menjalin tidak terputus melambangkan kesinambungan. Bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudra yang menggambarkan semangat yang tidak pernah padam. Batik ini merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram sampai ke Surakarta

Kami juga menyediakan Batik dengan motif Parang dengan bahan berkualitas, jangan sampai kehabisan ya para sedulur sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *