Catatan Singkat Tentang Kain Batik

Kain batik telah dikenal sejak beratus tahun lalu. Pada mulanya, batik adalah motif khas yang hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan. Setiapkedudukanmemiliki motif yang berbeda yang menunjukkan status social. Bahkan, motif batik untuk anak – anak pun dibedakan dengan motif yang dipakai oleh orang dewasa.

Kain Batik Solo | Grosir Batik Solo Online

Koleksi Kain Batik Tulis Sogan KamiDesign Kain Batik

Pada saat itu, kain batik juga dibuat oleh para abdi dalem kerajaan. Desain – desain yang dibuat merupakan hasil kreativitas mereka atau bahkan dari keluarga kerajaan sendiri. Namun, karena banyak anggota masyarakat yang tertarik dengan keberadaan batik, para pengrajin di dalam istana kemudian mencoba membuat motif berbeda untuk rakyat biasa. Sambutan yang didapatkan ternyata sangat baik dan sejak saat itu, batik berkembang dengan pesat dan hingga kini dikenal sebagai motif khas Indonesia.

Seiring dengan perkembangan jaman dan perubahan tren berpakaian, banyak motif tradisional yang kemudian dimodifikasi menjadi lebih modern.Bahkan, banyak motif batik baru yang muncul yang merupakan hasil kreativitas para pengrajin batik masa kini. Meski begitu, bukan berarti motif tradisional hilang dari peredaran karena terbukti kain batik yang dibuatpuluhan tahun lalu kini laris diburu oleh kolektor. Sebagai collector item, kain batik tersebut tentunya memiliki harga yang sangat tinggi. Menurut para kolektor, hal itu karena batik kuno atau lawasandianggap merupakan benda bersejarah dan langka serta sarat akan makna filosofis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *